Selasa, 02 Maret 2010

Demonstrasi Anarkis masyarakat di sumatera barat yang membuat seorang ketua DPRD meninggal dunia

Dalam pergaulan kehidupan bernegara dan bermasyarakat ada aturan-aturan yang diciptakan, baik dalam bentuk perundang-undangan maupun dalam bentuk norma kemasyarakatan yang harus dipahami dan dijalankan oleh setiap warganegara/anggota masyarakat. Hal ini sepatutnya dijalankan dengan baik dan tegas agar tercipta pola kehidupan masyarakat yang teratur dan tidak saling berbenturan.

Terkadang perbedaan pendapat buntut atas ketidakpuasan akan sesuatu hal yang muncul diantara elemen masyarakat dan tidak terespon dengan baik oleh pejabat yang berwenang(pemerintah) sehingga biasanya diambil jalan pintas tercepat yaitu melalui demonstrasi/unjuk rasa dengan harapan aspirasi yang terpendam/tidak diperhatikan akan memperoleh tanggapan dengan cepat. Unjuk rasa memang diperbolehkan asalkan tetap tertib dalam arti tidak mengganggu kepentingan/menghambat kepentingan umum masyarakat. Hanya saja, kondisi di lapangan yang penuh dengan tekanan dan provokasi kadang mengarahkan suatu demonstrasi ke arah yg cenderung anarkis dan rawan penunggangan oleh pihak ketiga. Contohnya demonstrasi masyarakat di sumut kemarin.

Demonstrasi adalah suatul hal yang lumrah di setiap Negara, namun demonstrasi itu sendiri harus jelas visi & misi demonstrasinya, tidak hanya karena termakan provokasi/isu pihak tertentu yang akhirnya malah menempatkan pihak yang berdemonstrasi sebagai tukang pukul belaka. Haruskah sistem demokrasi di Negara kita seperti ini??
Sumber Tautan :
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AgzPvpRHFOD47xEN0O0raVHJRAx.;_ylv=3?qid=20080527051357AAbGRwb
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AuQIONj3jYteOC0wabE9X0TJRAx.;_ylv=3?qid=20100105021415AAcmgEc
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=Aqwg6WmebOY5ZdKB_Xva_L7JRAx.;_ylv=3?qid=20090210020000AAOMl2e
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=Aj0qkRl_nopkSZGDTww9AwPJRAx.;_ylv=3?qid=20100115064022AAHkUuL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar