Selasa, 02 Maret 2010

mobilitas sosial di masyarakat perkotaandengan mobilitas sosial di masyarakat pedesaan

1. Masyarakat kota mempunyai pola-pola budaya dan tingkah laku, lembaga, pranata, serta struktur sosial yang berbeda dari masyarakat primitif maupun masyarakat desa.

2. Terjadinya urbanisasi yang semakin meningkat. Pada umumnya mereka mereka pergi ke kota tanpa membawa bekal ketrampilan kecuali tenaga. Setibanya di kota, mereka dapati dirinya berada pada situasi dan kondisi yang berbeda dari pada sewaktu berada di desa.

3. Semakin luasnya pengaruh kehidupan kota atas kehidupan daerah pedesaan yang berada di sekitarnya, baik positif maupun negatif.

4. Semakin merosotnya nilai-nilai manusiawi oleh berkembangnya teknologi di kota.
Mobilitas sosial pada masyarakat kota lebih dinamis daripada mobilitas sosial masyarakat desa, sebab di kota lebih banyak profesi atau lapangan pekerjaan dibandingkan dengan di desa yang mayoritas agraris. Banyaknya lapangan pekerjaan dan dengan karier yang jelas membuat orang kota berusaha secara maksimal mencapai titik tertinggi karier-nya. Hal ini membuat perpindahan status sosial di kota sangat bervariasi, baik secara vertikal ada mobilitas sosial naik (climbing) atau mobilitas sosial turun (sinking), secara horisontal juga banyak terjadi perpindahan itu.
Sumber Tautan :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080128024236AAO4XzJ
http://one.indoskripsi.com/node/9892
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AoE17CzS2GWu7LHdWFpSM6fJRAx.;_ylv=3?qid=20080128024236AAO4XzJ
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AjMhaOIaipxRiQesBBh7lPvJRAx.;_ylv=3?qid=20091029042510AAwsL3V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar