Selasa, 02 Maret 2010

hubungan antara masyarakat pedesaan & perkotaan, ditinjau dari sosialisasi dan kepribadiannya

secara umum, masyarakat desa lebih bersosialisasi dengan kepribadian yang sederhana, sedangkan masyarakat perkotaan sosialisasinya sudah kurang dan kepribadiannya beragam.Masyarakat pedesaan itu lebih bisa bersosialisasi dengan orang orang di sekitarnya. Lihat saja, kalau anda pergi ke suatu kampung, dan anda tanya sama seseorang siapa nama tetangganya, pasti dia hafal. Kalau di kota, kurang dapat bersosialisasi karena masing masing sudah sibuk dengan kepentingannya sendiri2.

Untuk kepribadian, orang desa lebih terkesan santai karena kerjanya tidak terlalu berat seperti orang kota. Orang kota kebanyakan sedikit stress karena banyaknya target / pencapaian yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu. Keduanya memang sulit untuk disatukan / disamakan.Pola interaksi masyarakat pedesaan adalah dengan prinsip kerukunan, sedang masyarakat perkotaan lebih ke motif ekonomi, politik, pendidikan, dan kadang hierarki.

Pola interaksi masyarakat pedesaan bersifat horisontal, sedangkan masyarakat perkotaan vertikal.
Pola interaksi masyarakat kota adalah individual, sedangkan masyarakat desa adalah kebersamaan.
Pola solidaritas sosial masyarakat pedesaan timbul karena adanya kesamaan-kesamaan kemasyarakatan, sedangkan masyarakat kota terbentuk karena adanya perbedaan-perbedaan yang ada dalam masyarakat.
Sumber Tautan :
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080128024236AAO4XzJ
http://one.indoskripsi.com/node/9892
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AoE17CzS2GWu7LHdWFpSM6fJRAx.;_ylv=3?qid=20080128024236AAO4XzJ
http://id.answers.yahoo.com/question/index;_ylt=AjMhaOIaipxRiQesBBh7lPvJRAx.;_ylv=3?qid=20091029042510AAwsL3V

Tidak ada komentar:

Posting Komentar